Sabtu, 08 Juli 2023

〰KOMUNIKASI DALAM HUMAN RELATION〰

〰KOMUNIKASI DALAM HUMAN RELATION〰




 FUNGSI KOMUNIKASI DALAM HUMAN RELATION

1.Untuk meningkatkan gairah kerja suatu organisasi

2.Untuk meningkatkan hubungan kerja serta kerjasama diantara teman  kerja

3.Untuk mengurangi aspek-aspek negatif dari timbulnya konflik maupun  frustrasi

4.Untuk dapat mengetahui sedini mungkin kemelut-kemelut didalam  organisasi, terutama yang menyangkut kepada hubungan kerja yang  harmonis

5. Untuk mengetahui sejauhmana faktor psikologis, manajemen, sosiologis, 


Dalam komunikasi efektif memiliki lima hukum menurut Sari (2006:8), yaitu:

  1. Respect  adalah sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang akan kita sampaikan.
  2. Empathy adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
  3. Audible adalah pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan melalui media atau delivery channel.
  4. Clarity adalah kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan.
  5. Humble adalah sikap rendah hati untuk membangun rasa saling menghargai. 


KOMUNIKASI FORMAL

• Effendy (2005) bahwa sistem komunikasi formal biasanya mengikuti  garis-garis wewenang sebagaimana dituangkan dalam struktur  organisasi, proses komunikasi biasanya dilakukan di dalam lembaga  formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif.

• Ciri saluran komunikasi formal menurut Shibutani dalam Blake dan  Haroldsen (2005) yaitu:

- saluran komunikasi berfungsi dengan standar bagi semua laporan yang  datang dari berbagai sumber agar dapat diperiksa kebenarannya.

- sumber pesan dapat dikenali dan tentunya dapat dipercaya. 


KOMUNIKASI INFORMAL

• DeVito (2011) komunikasi informal sebagai komunikasi yang disetujui  secara sosial yang orientasinya tidak pada organisasi tetapi lebih secara  individual.

• Fungsi komunikasi informal adalah untuk memelihara hubungan sosial  persahabatan kelompok informal , penyebaran informasi yang bersifat  pribadi dan privat seperti isu , gosip , atau rumor .

• Implikasinya adalah kebenaran informasi tersebut menjadi tidak jelas atau  kabur .

• komunikasi informal akan untuk memenuhi kebutuhan sosial,  mempengaruhi orang lain , dan mengatasi kelambatan komunikasi formal  yang biasanya cenderung kaku dan harus melalui berbagai jalur terlebih  dahulu.


KOMUNIKASI VERBAL

• Purwanto (2006:6) mengatakan bahwa “Komunikasi verbal merupakan penyampaian komunikasi dengan  menyusun kata-kata ke dalam suatu pola yang memiliki arti atau makna  dalam bentuk tertulis maupun lisan.”

• Goffman (2005:154) “merupakan komunikasi dengan kata-kata verbal melalui komunikasi yang  kita sebut bahasa karena dapat membantu kita untuk memiliki kemampuan  memahami

• Frans M. Royan (2005:36) “merupakan komunikasi yang melibatkan kata-kata yang biasanya  disampaikan berupa tulisan dan perbincangan yang direspon dengan  mendengar atau membaca.” 

Ciri-ciri Komunikasi Verbal

• Disampaikan secara lisan atau tulisan

• Proses komunikasi eksplisit dan cenderung 2 arah

• Kualitas proses komunikasi seringkali ditentukan oleh  komunikasi non verbal 


KOMUNIKASI NON VERBAL

■ K. Floyd (2009) mendefinisikan komunikasi nonverbal sebagai  setiap perilaku dan karakteristik  yang mengirimkan makna tanpa  menggunakan kata-kata.

■ Mark L. Knapp dan J.T. Hall (2002)  menyatakan bahwa komunikasi  nonverbal merujuk pada komunikasi  yang dihasilkan oleh beberapa  makna lain selain kata-kata. 


Karakter Komunikasi Nonverbal

  • Komunikasi non verbal berlangsung dengan cepat
  • Komunikasi non verbal dapat membantu atau menggantikan komunikasi  verbal
  • Non verbal komunikasi bersifat universal
  • Komunikasi nonverbal membingungkan dan kontekstual
  • Komunikasi non verbal dapat disengaja dan tidak disengaja 


Tipe Komunikasi Non Verbal

1. Kinetik

Sudi tentang gerakan tubuh  termasuk postur tubuh.

Komponen kinetic:

-Gesture tubuh

-Gerakan kepala

-Kontak mata

-Ekspresi wajah 


2. Haptik

• Indera perasa atau sentuhan

• Hal ini berhubungan dengan perilaku  menyentuh yang mengirimkan makna  selama berinteraksi.

• Sentuhan bekerja pada berbagai  tingkatan termasuk didalamnya  professional-fungsional, sosial-sopan  santun, persahabatan-kehangatan,  dan cinta-intim. 


3. Penampilan Fisik

• Setiap manusia didunia tidak  dapat menentukan bagaimana  bentuk fisik dilahirkan.

• Manusia memiliki ciri khas atau  bentuk fisik yang berbeda-beda

• Terkdang dalam berkomunikasi  kita melakukan judgment  terhadap perilaku atau apapun  orang lain berdasarkan  penampilan fisik yang  dimilikinya 


4. Artefak

Objek personal yang digunakan untuk  memberitahukan identitas dan kepribadian  lingkungan kita

Contohnya :

• Pakaian dan barang yang digunakan

• Apa tanda bahwa orang tersebut sebgai  dokter atau suster, tantara atau  mahasiswa?

• Apa tanda yang menunjukkan bahwa  sebuah rumah adalah milik seniman?

• Mainan apa yang diberikan pada anak  laki-laki dan perempuan? 

 

5. Faktor Lingkungan

Adalah tata letak yang mempengaruhi apa  yang kita rasakan atau lalukan.

Contoh:

-Arsitektur warna, desain ruangan, suara,  bau, pencahayaan,

-Cahaya temaram (romantic) ruang gelap (depresi)

-Bau makanan membuat kita lapar

-Apa beda makanan di resto cepat saji dan  mahal?

-Kenapa membangun rumah ada yang  percaya fengsui 


6. Proxemic (Jarak Personal)

• Merujuk pada jarak dan  bagaimana kita  menggunakannya

• Jarak memberitahukan status

Contohnya:

-Bagaimana posisi kita ketika  ingin mendekati seorang yang  baru dikenal? Pasangan marah?  Atau sedang malas berbicara  dengan orang tertentu?

-Bagaimana harus menyapa  atasan anda? 


7. Chronemic

Bagaimana kita  mempersepsikan dan  menggunkaan waktu untuk  mendefinisikan identitas dan  interaksi

Contohnya:

- Orang- orang penting dengan  status yang lebih tinggi dapat  membuat orang lain menunggu

- Orang dengan status lebih  rendah diharapkan tepat waktu 


8. Paralanguage

Komunikasi yang vocal tapi  tidak menggunakan kata-kata

Contoh:

- Bisikan, hembusan nafas,  kualitas vocal (titik nada,  perubahan nada, aksen,  pengucapan dsb)

- Apa bedanya ketika waancara  kerja, berbisik rahasia, dan  menunjukkan ketidaksukaan  atau kemarahan? 


9. Keheningan

• Hal ini menyampaikan pesan  dengan kuat

• Kita enggunakan keheningan  untuk mengkomunikasikan  makna yang berbeda

• Keheningan dapat  menunjukkan penghormatan,  keprihatinan, ketenangan,  menyangkal keberadaan  orang lain 




Kebiasaan sebagai pendengar yang efektif akan menghasilkan beberapa hal yang positif,  antara lain:

  1. Pendengar yang baik akan disukai orang lain karena mereka dapat memuaskan kebutuhan dasar  manusia untuk didengarkan.
  2. Kinerja/prestasi kerja karyawan meningkat ketika pesan yang diterima tersebut dapat dimengerti  dengan baik.
  3. Umpan balik (feedback) yang akurat dari bawahan (karyawan) akan berdampak positif pada prestasi kerjanya.
  4. Manajer dan karyawan akan terhindar dari munculnya kesalahpahaman dalam penyampaian suatu pesan.
  5. Pendengar yang baik akan dapat memisahkan mana fakta dan mana yang sekedar gosip.
  6. Pendengar yang baik memiliki kecenderungan membuka ide-ide baru dari pihak lain, sehingga hal ini mendorong berkembangnya kreativitas.
  7. Pendengar yang efektif juga akan dapat menghasilkan prestasi kerja yang baik dan peningkatan kepuasan kerja.
  8. Kepuasan kerja meningkat karena mereka tahu apa yang terjadi, kapan mereka mendengar, dan kapan mereka berpartisipasi di dalamnya yang tumbuh dari komunikasi yang baik.

❤KOMUNIKASI DALAM HUMAN RELATION ANTARA TELKOMSEL DENGAN AMAZON PRIME VIDEO❤


Komunikasi dalam hubungan antara Telkomsel dan Amazon Prime Video juga penting untuk memastikan kerja sama yang efektif dan saling memahami antara kedua entitas tersebut. Telkomsel, sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, menjalin kemitraan dengan Amazon Prime Video, platform streaming video populer.

Contoh komunikasi yang penting dalam hubungan antara Telkomsel dan Amazon Prime Video:

Telkomsel dan Amazon Prime Video perlu berkomunikasi secara strategis untuk mengembangkan rencana kerja sama jangka panjang, tujuan bersama, dan strategi pemasaran. Mereka harus menyelaraskan visi dan tujuan untuk memastikan kesuksesan kerja sama mereka.

Kedua perusahaan harus berkomunikasi tentang integrasi teknis antara layanan Telkomsel dan platform Amazon Prime Video. Ini melibatkan diskusi tentang infrastruktur teknis, keamanan data, pembaruan perangkat lunak, dan penyelesaian masalah teknis yang mungkin timbul.

Telkomsel dan Amazon Prime Video perlu berkomunikasi dalam mengembangkan dan meluncurkan kampanye pemasaran bersama. Mereka harus berdiskusi tentang strategi pemasaran, penargetan audiens, promosi, dan pengukuran keberhasilan kampanye.

Komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah penting bagi Telkomsel dan Amazon Prime Video. Keduanya harus saling berkomunikasi untuk memastikan pelanggan mendapatkan dukungan yang baik, menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan masalah, dan menyediakan pengalaman pengguna yang positif.

Amazon Prime Video merupakan platform penyedia konten yang melibatkan produksi dan lisensi konten. Komunikasi antara Telkomsel dan Amazon Prime Video perlu terjalin dengan baik dalam hal perencanaan penawaran konten, pembaruan katalog, dan negosiasi hak siar.

Melalui komunikasi yang efektif, Telkomsel dan Amazon Prime Video dapat meningkatkan kolaborasi, memecahkan masalah secara bersama-sama, dan mengoptimalkan manfaat kerja sama mereka untuk pelanggan dan pengguna mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

❤COMMUNICATION STYLE & SELF ESTEEM❤

 ❤ COMMUNICATION  STYLE & SELF  ESTEEM❤ Understanding Your Communication Style Gaya komunikasi yang dimiliki oleh setiap  individu pasti...